Social Icons

Pages

Rabu, 04 Desember 2013

Mengelola Program Aplikasi Windows

                                    

Wallpaper Windows XP

Pada saat sebuah program aplikasi dipasang/diinstal, sistem akan meletakan file yang disertakan dalam paket aplikasi kedalam direktori/ folder yang terimpan dalam hardisk kita, ini otomatis akan menggurangi ruang penyimpanan data kita. Pada saat bersamaan pula, sistem akan mencatat program aplikasi tersebut sebagai anggota dari lingkungannya (bisa dalam service atau registry sistem), yang artinya setiap saat atau pada kondisi tertentu sistem akan melakukan rutinitas yang berhubungan dengan aplikasi yang sudah kita pasang. Rutinitas yang melibatkan aplikasi yang sudah kita pasang bisa dilakukan secara tersembunyi atau dengan konfirmasi terlebih dahulu ( misal sistem akan mengecek pada saat booting/restart, sistem memangil aplikasi pada saat tampil awal, atau sistem memangil pada saat bagian dari aplikasi tersebut digunakan dll). Hal-hal yang dapat kita lakukan agar sistem kita optimal adalah mengelolanya dengan baik dan benar, dengan :
1.    Membuang/menghapus aplikasi yang digunakan
2.    Mematikan layanan-layanan yang dirasa tidak perlu
3.    Memutus hubungan antara file-file sistem dengan file diluar sistem
4.    Membuat visualisasi yang lebih baik dan teratur
Control Panel Windows XP
Kita pasti suda sering mendengar istilah control panel ang digunakan pada banyak aplikasi baik itu dikomputer maupun  di internet. Control panel digunakan untuk mengatur sebuah aplikasi baik itu
    tampilan, peralatna kerja dll. Begitu juga  di lingkungan windows, control panel digunakan ntuk mengatur perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan dalam sistem operasi windows.

Contoh pegaturan yang bisa dilakukan melalui control panel windows adalah : mengatur konfoguras perangkat keras ( mouse, keyboard, printer, scaner, kamera), konfigurasi layar/display, konfigurasi sistem seperti bahasa, lokasi, mata uang, konfigurasi program (mengelola daftar aplikasi )dl. Setiap versi windows, control panel dibuat hampir berbeda baik itu tampilannya maupun menu-menu yang disediakan. Hal ini dipengaruhi oleh fitur yang disediakn serta optimalisasi penggunaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates